Lifestyle

Tips Aman Pasien Non-Covid Berobat ke Rumah Sakit

Saat ini kondisi rumah sakit sudah bisa dikatakan stabil dan aman untuk berobat, bahkan bagi pasien non covid sekali pun. Namun kenyataannya masih cukup banyak masyarakat yang agak ragu memanfaatkan perlindungan kesehatan dari FWD insurance  untuk berobat ke rumah sakit. Apalagi ketika angka penderita Covid-19 sedang naik sehingga membuat mereka semakin merasa ragu.

Memang rumah sakit merupakan tempat yang rawan. Terlebih dengan kondisi Anda yang sedang kurang sehat sehingga rawan terpapar. Namun, ada beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan saat berencana berobat ke rumah sakit berdasarkan situs media Kontan dan situs media Bisnis, yaitu:

  • Registrasi online

Sebelum ke rumah sakit, sebaiknya pasien melakukan registrasi online melalui website atau aplikasi meskipun rumah sakit yang Anda tuju tidak mewajibkan hal ini. Sebab, dengan cara ini bisa meminimalisir kemungkinan Anda harus mengantri lama untuk pendaftaran. Selain itu, mencegah kemungkinan Anda sia-sia datang ke rumah sakit sementaara dokter yang dituju sedang tidak praktik.

  • Selalu jujur

Anda biasanya diminta untuk mengisi kajian mandiri terkait Covid-19 untuk memastikan penyakit yang dialami tak berhubungan dengan Covid-19. Pastikan Anda menjawab semua pertanyaan tersebut secara jujur karena akan berkaitan dengan penanganan selanjutnya untuk penyakit Anda. Jangan lupa, bahwa tidak hanya Anda saja yang ingin terhindar dari risiko terpapar Covid-19, melainkan juga pasien lain dan petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit.

  • Ikuti protokol kesehatan

Ikuti juga protokol kesehatan yang diberlakukan seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Sangat disarankan agar Anda menggunakan masker dengan kualitas yang baik agar lebih terjamin keamanannya dari paparan virus. Selain itu, sebisa mungkin menjaga jarak dari pasien yang memiliki gejala Covid-19 seperti sering batuk atau bersin.

  • Segera mandi setelah pulang

Sesampainya di rumah, pastikan Anda segera mandi untuk membersihkan kemungkinan adanya paparan virus di tubuh. Selain itu, langsung masukkan pakaian yang Anda gunakan ke rumah sakit ke keranjang pakaian kotor agar bisa segera dicuci. Jangan pernah menggunakan pakaian yang sudah digunakan ke rumah sakit secara berulang karena akan sangat berisiko. Namun, jika keluhan yang Anda rasakan masih ringan, Anda bisa mengkonsultasikan secara online melalui aplikasi telemedicine. Beberapa platform juga menyediakan pembelian obat lewat platform agar pasien tak perlu meninggalkan rumah. Tidak hanya itu, beberapa telemedicine juga sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi jadi Anda bisa memanfaatkan polis asuransi yang dimiliki untuk berobat di sana.

Semoga cara-cara ini membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.