Seleb

SIAPA Firdaus Oiwobo? Pria yang Ngaku Paman Nadya Arifta, Pernah Laporkan Istri Andre Taulany & Atta

Inilah sosok Firdaus Oiwobo, pria yang tiba tiba muncul dan mengaku sebagai paman Nadya Arifta, pacar Kaesang Pangarep. Kisah cinta putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan. Tak lain setelah ibunda Felicia Tissue, Meilia Lau membeberkan sikap dan perilaku Kaesang terhadap sang anak.

Meilia Lau juga menyebut sosok perempuan bernama Nadya Arifta sebagai pacar baru Kaesang. Sejak saat itu, sejumlah sosok baru juga muncul, ikut mewarnai kisah cinta Kaesang dengan Nadya Arifta. Satu di antaranya adalah sosok Firdaus Oiwobo.

Firdaus Oiwobo tiba tiba muncul sebagai sosok yang mengaku sebagai paman Nadya Arifta. Ia juga ikut berkomentar terkait hubungan asmara Kaesang dengan Nadya Arifta. Ia menjadi lawyer di firma hukum M Firdaus Oiwobo SH & Partners di wilayah Jabodetabek sejak 2018.

Dalam bio Instagram nya, @pengacara_cowboy99, Firdaus Oiwobo juga menuliskan profesi sebagai pengusaha. Ia juga menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi serta Ketua Umum Satgas Anti Narkoba Nasional (SANN). Selain sebagai pengacara, Firdaus Oiwobo juga aktif di dunia musik dengan mendirikan sebuah band beraliran rock, Vertical Blue.

Dalam band yang berdiri pada 2016, Firdaus Oiwobo menjadi vokalis. Penampilan Firdaus Oiwobo terbilang nyentrik dengan rambut gondrongnya dan tangan kanan yang ditato, lengkap dengan topi koboinya. Sementara itu, mengutip Surya, Firdaus Oiwobo menamatkan SMA di SMA Muhammadiyah 15.

Ia kemudian kuliah di Universitas Islam Syekh Yusuf Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Pemerintahan serta Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta. Ia mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Namun kini, Firdaus Oiwobo menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

Hal ini diketahui dari tiga foto yang diunggah Firdaus Oiwobo di Instagram. Terlihat ia mengenakan seragam PDIP dan memberikan hormat pada foto presiden pertama RI, Ir Soekarno. Sebagai pengacara, Firdaus Oiwobo juga pernah menangani sejumlah kasus.

Satu di antaranya kasus perseteruan antara Sandy Tumiwa dengan mantan istrinya, Tessa Kaunang pada 2018. Saat itu, Sandy Tumiwa ingin mengambil alih hak asuh anak dari Tessa Kaunang. Sandy Tumiwa juga melayangkan gugatan hak asuh anak terhadap Tessa lantaran mantan istrinya kerap membawa seorang pria ke rumahnya.

Namun tak lama setelah mendampingi Sandy Tumiwa, Firdaus Oiwobo memilih mundur. Bahkan ia menggugat mantan kliennya itu sebanyak Rp 1 triliun atas perbuatan Sandy Tumiwa yang dianggap menipu dirinya. Dikutip dari , masalah ini bermula saat Firdaus Oiwobo sebagai owner label musik dan ingin menaikkan lagi nama Sandy Tumiwa di panggung hiburan Tanah Air.

Namun ketika semuanya sudah disiapkan, Sandy Tumiwa pindah dari label yang ditanganinya. "Masalah dengan saya itu ada dua, satu sebagai kuasa hukum dan kedua sebagai owner label musik serta perfilman yang ingin menaikan Sandy tadinya," ujar Firdaus Oiwobo yang dikutip dari tayangan program acara 'Pagi Pagi Pasti Happy'. "Sudah saya siapkan lagunya dan filmnya semua, tetapi Sandy pindah dengan seenaknya tanpa ngomong dengan saya," ujar Firdaus.

"Gugatannya bukan sebagai kuasa hukum. Saya sudah mulai mundur sejak awal," ujar Firdaus ditanya pangkal masalahnya. Firdaus Oiwobo juga mengaku selama ini, ia tak pernah dibayar sedikit pun oleh Sandy. Firdaus Oiwobo diketahui juga pernah melaporkan istri komedian Andre Taulany, Erin Taulany pada 2019.

Diketahui, pemilik nama Reinwartia Trygina pernah dituding telah menghina calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Lewat InstaStories yang telah dihapus, Erin Taulany mengunggah foto Prabowo saat mendeklarasikan kemenangan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Erin menulis kata kata kasar bernada hinaan kepada Prabowo, seperti "Kasian tambah sakit ***a (emoji tertawa terbahak bahak)."

Kemudian "Si****g." Dan terakhir, "Kasian jadi **la krn ambisi pingin jadi President gak kesampean!!!" Tak pelak, postingan Erin Taulany tersebut menjadi bulan bulanan netter.

Selain itu, ibu tiga anak tersebut juga dilaporkan ke polisi atas kasus dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik oleh Firdaus Oiwobo. Dikutip dari , laporan tersebut tertuang dalam nomor LP/2372/IV/2019/PMJ/DIT RESKRIMSUS tanggal 21 April 2019. Firdaus Oiwobo mengaku tidak mengetahui, akun instagram bernama @erintaulany adalah milik Erin Taulany yang merupakan istri artis Andre Taulany.

"Saya melaporkan akun Instagram nya ya, jadi saya tidak tahu itu miliknya istri Andre Taulany atau bukan," kata Firdaus di Polda Metro Jaya, Jumat (26/4/2019). Firdaus menuntut aparat penegak hukum memproses secara adil laporannya terhadap Erin Taulany atas kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Prabowo Subianto. Menurut dia, proses hukum harus tetap berjalan walaupun Erin nantinya menyampaikan permohonan maaf kepada Prabowo. "Proses hukum harus tetap berjalan karena ini sudah penghinaan luar biasa terhadap Bapak Prabowo."

"Jika Pak Prabowo memaafkan (Erin Taulany), saya akan tetap melanjutkan proses hukum juga," ungkap Firdaus. Firdaus Oiwobo ternyata juga pernah melaporkan YouTuber Atta Halilintar pada 2019. Laporan ini terkait video yang dibuat oleh Atta Halilintar bersama adik adiknya.

Video itu berisi imbauan tentang hal hal yang tak boleh dilakukan ketika beribadah. Atta Halilintar bersama YouTuber Gunawan Swallow pun dilaporkan ke polisi oleh LSM bernama Komunitas Pengawas Korupsi (KPK) yang diketuai Firdaus Oiwobo. Dikutip dari , Firdaus Oiwobo mengatakan, Atta dilaporkan karena diduga telah membuat sebuah konten yang dianggap melecehkan salah satu agama.

Sementara, akun YouTube bernama Gunawan Swallow diduga telah menyebarkan kembali video itu di akun YouTube nya beberapa hari lalu. "Saudara Atta Halilintar dan akun YouTube Gunawan Swallow (dilaporkan) dengan dugaan pelanggaran Pasal 156 a, dan UU ITE Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 a Tentang Dugaan Penistaan Agama yang diduga dilakukan oleh Atta Halilintar dan kawan kawan," ucap Firdaus di Polda Metro Jaya, Rabu (13/11/2019). Menurut Firdaus, video yang menjadikan praktik ibadah sebagai kontennya itu telah melecehkan.

"Ada adegan goyang goyang sambil menerima HP, sambil teriak teriak dan tidak sesuai itu," ucap Firdaus. Kini, Firdaus Oiwobo kembali muncul dan mengaku sebagai paman Nadya Arifta. Firdaus Oiwobo membenarkan kabar Kaesang tengah menjalani hubungan dengan keponakannya.

Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube beepdo, Senin (8/3/2021). "Alhamdulillah sekarang ini keponakan kami (Nadya Arifta) sedang dekat dengan Kaesang Pangarep," jelas Firdaus. Ia mengatakan, keputusannya untuk bicara mewakili keluarga dan dilakukan setelah berkoordinasi mengenai pernyataan ibunda Felicia Tissue pada Nadya Arifta.

"Keluarga besar kami juga sudah banyak berbicara tentang itu," kata Firdaus. "Namun kita tetap berdoa agar masalah ini tidak menjadi mudarat, ini kan baru kabar burung," sambungnya. Diakui Firdaus Oiwobo, pihak keluarga juga telah berkoordinasi terkait kabar tak sedap yang menimpa Kaesang dan Nadya Arifta.

"Keluarga kami ingin meluruskan permasalahan permasalahan." "Bahwa ponakan kami ada beberapa kali lah diduga dibully oleh orang tua dari mantan pacar Dek Kaesang," bebernya. Di sisi lain, Firdaus mengatakan bahwa keluarga menyerahkan segala urusan, termasuk jodoh pada Allah SWT.

"Kami dari keluarga sih siapa pun jodohnya silahkan saja itu udah ridho Allah SWT," ucap Firdaus. Belakangan, keluarga Nadya Arifta membantah Firdaus Oiwobo sebagai paman Nadya. Hal itu disampaikan oleh kakak ipar Nadya, Asfarony Hendra Nazwin melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Selasa (9/3/2021) malam.

"Saya mewakili pihak keluarga menyatakan bahwa kami tidak pernah menyatakan apapun terkait Nadya Arifta sebagaimana yang beredar di media," kata Asfarony. "Perihal seseorang yang mengaku ngaku sebagai Paman Nadya adalah tidak benar." "Orang tersebut adalah bukan Paman dari Nadya," sambungnya.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.