Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 67 68 69 70 72 73 74 75 77 79 80 81 82 83, Subtema 2

Berikut adalah kunci jawaban Tema 9 Kelas 4 SD halaman 67, 68, 69, 70, 72, 73, 74, 75, 77, 79, 80, 81, 82, dan 83, Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4. Buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD ini berjudul Kayanya Negeri. Sementara itu, Subtema 2 pada Buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD berjudul Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia.

Adapun kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Begitu banyak contoh perubahan energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari hari kita.

Sekarang bersama kelompokmu, temukan contoh contoh lain perubahan energi dalam kehidupan sehari hari kita. Jawaban: Energi Listrik Energi Panas: setrika, mesin penanak nasi, kompor listrik, hair dryer

Energi Listrik Energi Gerak: kipas angin, blender, mesin cuci Energi Cahaya Energi Listrik: panel surya Energi Gerak Energi Bunyi: membunyikan alat musik

Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas. 1. Apakah pembangkit listrik tenaga surya itu? Jawaban: Pembangkit listrik tenaga surya adalah panel panel surya yang mengambil cahaya matahri dan mengubahnya menjadi energi listrik.

2. Apakah penel surya itu? Jawaban: Panel surya adalah suatu benda yang berguna untuk mendapatkan cahaya matahari. 3. Perubahan energi apakah yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga surya?

Jawaban: Dari energi cahaya ke energi listrik. Amatilah lingkungn sekitar tempat tinggalmu. Identifikasikan perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari orang orang di sekitarmu.

Jawaban: Energi listrik menjadi energi panas, seperti: Oven: untuk membuat roti atau memanggang ayam

Setrika: untuk merapikan pakaian setelah dicuci Kompor listrik: untuk memasak 1. Perubahan energi apakah yang mampu mendorong kapal untuk bergerak?

Jawaban: energi panas 2. Apakah fungsi kapas dan minyak goreng? Jawaban: sebagai alat pemanas

3. Apa yang akan terjadi jika tidak ada kapas dan minyak goreng? Jawaban: kapal tidak bisa bergerak Sumber energi akan dapat memberikan manfaat yang lebih optimal jika diolah dengan baik.

Dalam proses pengolahan sumber energi untuk bisa digunakan oleh manusia seringkali mengalami proses perubahan energi. Coba carilah informasi mengenai contoh perubahan energi dan manfaatnya. Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu.

Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ bu uru, atau orang orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut. LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Panca Pertanyaan yang diajukan: Apakah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari hari Hasil Wawancara:

1. Lina: kipas angin 2. Olin: kompor 3. Titi: mesin cuci

4. Ratu: lampu 5. Yuni: blender 1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban: Perubahan energi 2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Mengerti manfaat energi yang ada di sekitar

3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Membedakan perubahan energi 4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban: Lebih giat belajar Keanekaragaman sumber daya alam mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mengapa bisa demikian?

Coba jelaskan! Jawaban: Karena manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari harinya bergantung pada sumber daya alam. Bersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya seharihari.

Jawaban: Contoh perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam: Menggunakannya dengan tidak berlebihan

Menjaga dan melestarikan alam Mendaur ulang sampah Contoh perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam:

Berlebihan dalam memanfaatkan sumber daya alam Menebang pohon di hutan secara besar besaran Membiarkan selokan tersumbat oleh sampah

Berdasarkan bacaan di atas, coba kamu sebutkan gagasan pokok dan pendukung setiap paragrafnya. Paragraf 1 Gagasan pokok: Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia.

Gagasan pendukung: Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Paragraf 2 Gagasan pokok: Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi.

Gagasan pendukung: Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Paragraf 3 Gagasan pokok: Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair.

Gagasan pendukung: Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus. Paragraf 4 Gagasan pokok: Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan.

Gagasan pendukung: Proses pengolahan minyak bumi dilakukan secara bertahap dan bertingkat. Paragraf 5 Gagasan pokok: Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia.

Gagasan pendukung: Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik. Paragraf 6 Gagasan pokok: Minyak mentah juga dapat menjadi sumber polimer.

Gagasan pendukung: Polimer ini sangat penting sebagai komponen untuk beberapa jenis indutri. Berdasarkan bacaan di depan, kembangkan informasi mengenai pemanfaatan sumber daya alam berupa air selain sebagai pembangkit listrik tenaga air. Kamu dapat mencari informasi dan data pendukung dari buku, majalah, koran, maupun artikel.

Jelaskan proses pembentukan minyak bumi! Jawaban: Ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi, semua sisanya kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi tersebut mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui?

Jawaban: Karena minyak bumi dapat habis apabila digunakan dengan berlebihan. Sebutkan contoh pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia! Jawaban: Sebagai bahan bakar kendaraan bermotor sperti bensin, solar, bensol, oli dan minyak tanah.

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu.

Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ bu uru, atau orang orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut. LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Intan Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam? 1. Hani: Sumber daya alam dapat cepat habis.

2. Kinan: Tidak ramah lingkungan. 3. Tara: Alam tidak terjaga kelestariannya. 4. Winda: Polusi udara.

5. Juju: Lingkungan tercemar. 1. Apa yang kamu pelajari hari ini? Jawaban: Hak dan kewajiban memanfaatkan sumber daya alam.

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Pentingnya menjaga sumber daya alam. 3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban: Menjaga lingkungan alam tetap bersih. 4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.