Lifestyle

Ini Dia! 5 Jenis Variasi Sirup Gula yang Bisa Kamu Cicipi

Siapa yang tidak menggemari rasa manis pada makanan maupun minuman? Tentu saja, banyak dari kita yang ingin mengonsumsi makanan manis pada berbagai kesempatan, misalnya seperti ketika menyantap makanan pencuci mulut, menghilangkan dahaga, serta menikmati cemilan sambil bersantai. Nah, agar lebih praktis, kita bisa menggunakan sirup gula sebagai bahan pemanis tambahan untuk makanan kita. Dan pastinya, selain menggunakan gula pasir, ada juga loh jenis-jenis sirup gula lainnya yang bisa kita coba. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini!

  1. Sirup Gula Tebu

Bisa dibilang, jenis sirup yang satu ini merupakan jenis sirup yang paling sederhana apabila kita bandingkan dengan jenis sirup lainnya karena kita bisa membuatnya sendiri secara praktis di rumah. Caranya cukup mudah, yakni mencampurkan gula pasir tebu dengan air hangat. Kemudian setelah sirup menjadi kental, maka kita bisa menyimpannya dan menggunakannya ketika kita memerlukan untuk tambahan pemanis.

  1. Sirup Jagung

Sirup yang satu ini memiliki tekstur yang sangat kental dan sesuai namanya, sirup ini terbuat dari tepung jagung. Sementara itu, apabila dibandingkan dengan sirup gula pasir, maka rasa manisnya tidaklah semanis sirup gula pasir. Akan tetapi, kita bisa memanfaatkan sirup ini sebagai bahan untuk membuat saus karamel menjadi menggumpal.

  1. Sirup Fruktosa

Jenis sirup yang satu ini dikenal juga dengan sebutan high fructose corn syrup (HFCS). Sirup fruktosa terbuat dari proses perubahan glukosa yang menjadi fruktosa. Tidak heran, rasa sirup ini juga akan terasa sangat manis. Bukan hanya itu saja, sirup yang satu ini juga memiliki tekstur kental dan warna bening.

  1. Agave Nectar

Jenis sirup yang satu ini mungkin akan lebih terkenal di dunia barat. Untuk membuat sirup ini, dibutuhkan daun tanaman agave yang telah berumur di antara 7 hingga 14 tahun. Kemudian, sari pada daun agave ini bisa disaring dan dimasak untuk menjadi agave nectar syrup.

  1. Maple syrup

Jenis sirup yang satu ini berasal dari pohon maple serta sudah dimasak sehingga menjadi cairan kental yang manis. Kemudian, maple syrup akan mengalami karamelisasi yang membuatnya berubah warna menjadi kecoklatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.