Cara Menghitung Kebutuhan Serat
Lifestyle

Cara Menghitung Kebutuhan Serat, dan Langkah untuk Mencukupinya

Mencukupi kebutuhan serat dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Meski demikian, banyak dari sebagian orang yang tidak memperhatikan tentang kebutuhan serat tersebut. Karena sebagian dari mereka sering meremehkan jenis makanan yang dikonsumsi.

Padahal mencukupi kebutuhan serat adalah hal yang sangat penting, terutama bagi anak – anak, yang mana kebutuhan serat sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan. Karena itulah penting bagi anda untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan serat pada anak.

Namun saat ini kebutuhan serat terhadap anak bisa dikatakan minim, akibat mereka tidak menyukai makanan sehat seperti sayuran hijau. Sementara pada artikel ini akan dipaparkan sedikit informasi mengenai cara tepat yang bisa anda lakukan untuk menghitung kebutuhan serat beserta langkah tepat untuk mencukukupi kebutuhannya!

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Serat  ?

 

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa kebutuhan serat dapat dihitung dengan cara melihat usia pada anak. Pada usia anak sekitar 1 – 3 tahun mebutuhkan serat sebanyak 16 gr, dan pada usia 4-6 tahun membutuhkan sebanyak 22 gr.

Sementara di usia 7-9 tahun dibutuhkan serat sebanyak 26 gr. Sedangkan anak di usia 10-12 tahun membutuhkan sebanyak 30 gr. Itu adalah hal yang wajib untuk diperhatikan. Dan langkah yang bisa anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan serat, anda dapat menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Langkah Tepat Mencukupi Kebutuhan Serat

 

  1. Batasi Mengonsumsi Camilan

Camilan adalah salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang, khususnya anak – anak. Hal ini disebabkan karena camilan memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Namun perlu diketahui bahwa camilan tidak semuanya sehat. Sehingga disarankan agar anda dapat membatasi untuk mengonsumsi camilan.

  1. Konsumsi Buah – buahan yang Disukai

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan serat yaitu mengonsumsi buah – buahan. Sementara buah yang dapat dikonsumsi seperti pisang, pepaya, dan apel.

Dari beberapa jenis buah tersebut memiliki kandungan serat didalamnya. Dapat dikatakan bahwa dengan makan buah – buahan ini kebutuhan serat anda akan tercukupi.

Nah, itulah tadi yang dapat dijelaskan mengenai cara menghitung kebutuhan serat, dan langkah tepat untuk mencukupinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *