Bisnis

3 Perilaku Integritas yang Wajib Diterapkan di Lingkungan Kerja

Integritas adalah sikap atau tindakan yang dilakukan secara konsisten dengan apa yang dikatakan. Nilai dalam integritas itu sendiri terdiri dari kesatuan pola pikir, perasaan, ucapan, dan perilaku yang selaras dengan hati nurani serta norma yang berlaku. Karena itulah, integritas penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita yang sudah dikenalkan akan sikap dan perilaku penuh integritas sedari kecil. Meski begitu, saat memasuki usia sekolah dan berada dilingkungan kerja, sikap integritas sering kali dipertanyakan, karna pada kenyataannya ada banyak kepentingan yang terjadi dan sering kali tidak sesuai dengan apa yang kita yakini sebagai sebuah kebenaran. Meski begitu, kita harus tetap teguh pada pendirian dan tetap berusaha menerapkan beberapa perilaku penting yang berkaitan dengan integritas kita, khususnya saat memasuki lingkungan pekerjaan.

Terkait hal ini, apa saja sih perilaku yang wajib diterapkan di lingkungan kerja, yuk simak ulasannya sebagai berikut.

  • Berani menegur jika ada ketidaksesuaian

Teguran merupakan suatu tindakan atau usaha yang dilakukan untuk memperingatkan orang lain atas perkataan atau tindakan orang lain dengan harapan orang tersebut bisa memperbaiki diri dan tidak mengulangi perbuatannya lagi. Pentingnya menegur jika terjadi ketidaksesuaian juga menunjukkan integritas seseorang, terutama jika apa yang dilakukan oleh orang tersebut bertolak belakang dengan kode etik yang sudah diterapkan. Dengan adanya usaha untuk menegur, kita juga memberikan kesempatan pada orang tersebut untuk berbenah diri dan tidak mengulangi perbuatannya lagi

  • Berkomitmen untuk menyampaikan kebenaran

Komitmen merupakan janji atau keputusan yang telah dibuat untuk melakukan atau mematuhi sesuatu. Terutama dalam situasi di mana hal tersebut membutuhkan konsistensi, dedikasi dan ketekunan. Komitmen seringkali bersinggungan dengan integritas seseorang karena kedua hal tersebut memang sangat berkaitan. Dalam hal ini, komitmen seseorang untuk menyampaikan kebenaran adalah salah satu sikap yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur terkait integritas seseorang. Seseorang dapat dikatakan berintegritas jika dia tidak segan untuk menyampaikan sesuatu yang menurut dia benar, tanpa menyembunyikan atau memanipulasi fakta yang ada.

  • Mengakui kesalahan tanpa perlu diminta

Tindakan mengakui kesalahan tanpa perlu diminta juga merupakan salah satu tolak ukur integritas dan juga kedewasaan seseorang. Hal tersebut menunjukkan bahwa dia mampu secara tegas mengakui kesalahannya dan bersedia untuk bertanggungjawab atas kesalahan yang telah dia lakukan. Tindakan ini juga berkaitan dengan kerendahan hati seseorang dan kesiapannya untuk belajar dari kesalahan yang telah ia perbuat. Mengakui sebuah kesalahan bahkan tanpa perlu diminta juga tidak akan menurunkan martabat seseorang, namun justru akan menunjukkan sikap integritasnya yang tidak lari dari sebuah masalah atau kesalahan yang ia lakukan.

 

Itu dia beberapa beberapa contoh perilaku integritas yang wajib dimiliki seseorang di lingkungan kerja. Pada intinya integritas adalah sebuah sikap yang wajib dimiliki semua orang, karena hal itu memiliki dampak yang baik bagi diri kita dan dengan orang lain juga. Dengan bersikap dan berperilaku berdasarkan integritas, kita juga membangun identitas diri dan juga kepercayaan bagi orang lain. Untuk semakin menambah ilmu tentang apa itu integritas dan beberapa contoh sikap integritas, Anda juga bisa mengunjungi situs ACLC KPK. Selain banyak artikel tentang pentingnya sebuah integritas, juga ada banyak informasi bermanfaat lainnya seputar sikap antikorupsi yang juga penting untuk dimiliki dan diterapkan dalam lingkungan kerja.

 

 

 

References:

 

https://aclc.kpk.go.id/materi-pembelajaran/pendidikan/buku/modul-integritas-untuk-umum

4 Contoh Integritas dalam Bekerja dan Penerapannya yang Benar

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *